Hubungan Bulan Sama Pasang Surut


Apasih pasang surut itu, Pasang surut adalah kejadian dimana air permukaan dari sebuah perairan laut danau atau samudera menjadi naik dan juga turun ,lalu apasih penyebabnya pasang surut bisa terjadi , penyebabnya adalah gaya gravitasi dan efek sentrifugal atau bisa disebut juga dorongan arah luar dari rotasi bumi

pasang surut terbagi 4 yaitu
1. Pasang surut harian ganda yang pada satu hari terjadi dua kali pasang dan dua kali air surut dengan tinggi hampir sama dan pasang surut terjadi berurutan dan teratur.
2. Pasang surut harian tunggal yang pada satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut. Periodenya 12 jam 24 menit. Jenis ini sering ditemukan di perairan sekitar selat Karimata, antara Sumatra dan Kalimantan.
3.Pasang surut campuran condong ke harian ganda
4.Pasang surut campuran condong ke harian tunggal

Kata guru kita disekolah pasang surut ini sangat erat kaitannya dengan bulan mengapa ? padahal kan bulan jauh dari bumi ?

nah sekarang saya akan menjelaskan Hubungan Bulan Sama Pasang Surut
Bulan dan bumi memiliki gravitasinya masing-masing. Ternyata gaya gravitasi bumi dan bulan ini saling memengaruhi. Diantara pusat bumi dan pusat bulan terjadi gaya saling tarik menarik dan akibatnya bumi sedikit tertarik ke arah bulan. Inilah yang mendasari terjadinya pasang surut air laut.




Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Hubungan Bulan Sama Pasang Surut"

 
Copyright © 2014 Like a hero - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia